berkebun
Sedang memuat....Cara Menanam Buah Anggur di Halaman Rumah....

Cara Menanam Buah Anggur di Halaman Rumah

Cara Menanam Buah Anggur di Halaman Rumah Buah yang memiliki rasa khas dan kaya akan vitamin C ini ternyata banyak memiliki penggemar setia. Hanya saja harganya yang kurang kurang dapat dijangkau oleh masyarakat membuat banyak orang sulit untuk menikmati buah ini. Jika Anda adalah salah satu dari penggemar buah anggur namun merasa bahwa harga buah anggur di pasaran kurang terjangkau Anda dapat membudidayakannya di halaman rumah Anda.

Buah anggur bisanya hanya tumbuh di daerah dataran rendah dengan intensitas cahaya matahari yang tinggi.Sedangkan untuk media tanam yang digunakan usahakan kadar keasamannya sekitar 7 dan hidari penggunaan tanah jenis lempung dan pasir. Suhu yang baik untuk menanam buah anggur adalah 31 derajat celcius dan kelembaban udara 75% hingga 80%.

Anggur adalah salah satu tanaman buah yang hidup dengan cara merambat dalam bentuk semak. Cara menanamnya di lahan yang tertutup dan di beri tiang agar tanaman anggur merambat di antara tiang yang telah didirikan.

Cara Menanam Buah Anggur di Halaman Rumah

  • Tahap pertama adalah membuat bibit anggur dengan cara mencangkok pohon anggur yang memiliki kualitas unggul. Usahakan untuk mencangkok bagian batang yang tegak, sehingga bibit yang dihasilkan mudah untuk ditanam di pot atau tanah. Tanamlah bibit cangkokan setelah masa pencangkokan sekitar 6-7 bulan.
  • Tahap selanjutnya adalah menyiapkan alat penyangga sebagai media tumbuh pohon anggur. Anda dapat membuat penyangga ini menggunakan kayu ataupun besi.
  • Siapkan pot yang sudah dilubangi pada bagian bawahnya. Pilihlah ukuran pot sedang akar anggur dapat tumbuh dengan baik. Tanah yang cocok untuk menanam campurkan dengan pupuk kompos dengan perbantingan 1:2. Dengan media tanam ini dijamin pertumbuhan dan perkembangan anggur akan semakin maksimal.
  • Buka bungkus cangkokan baik itu plastik atau media yang lainnya. Kemudian buat lubang tanah di bagian tengah pot untuk meletakkan hasil cangkokan. Bibit tidak dapat langsung ditempatkan di halaman rumah Anda, namun Anda namun menaruhnya di tempat yang sejuk dalam jangka waktu 3 minggu masa penanaman pertama.
  • Hal ini dilakukan agar anggur dapat menyesuaikan dengan media tanam yang membuat bibit anggur menyesuaikan dengan media tanam yang baru. Pada proses ini Anda harus dengan rajin menyirami tanaman anggur Anda.
  • Buah anggur yang ditanam di halaman rumah seringkali dalam jumlah yang terbatas, oleh karena itu perawatannya cukup mudah untuk dilakukan. Untuk penyiraman tanaman anggur yang telah Anda tanam, Anda cukup menyiram secara intensif sebanyak dua kali sehari. Sedangkan untuk tanaman anggur yang telah berumur 3 bulan setelah tanam, Anda dapat menyiramnya cukup dengan dua hari sekali.

UMURPENYIRAMAN
1 HST2 kali sehari
3 Bulan ST1 kali sehari

  • Selain melakukan penyiraman dengan tepat, Anda juga diharapkan mampu memberi pupuk sebagai tambahan nutrisi karena akan berperan positif untuk pertumbuhan tanaman anggur Untuk pupuk yang terbukti baik untuk pertumbuhan anggur adalah kombinasi antara pupuk NPK dengan pupuk kandang yang diberikan antara 10 hari hingga 6 bulan.
  • Namun ketika anggur telah berumur 1.5 tahun, Anda dapat menambahkan pupuk KCL untuk anggur pada masa 2 tahun setelah penanaman bibit anggur. Gunakan pupuk secukupnya saja.
  • Biasanya waktu panen buah anggur dari tanaman anggur berbeda-beda, tergantung pada masa penanamannya. Artinya tanaman anggur yang ditanama tidak panen ketika musimnya tiba. Tanaman anggur ini baru dapat dipanen ketika berusia kurang lebih 120 hari setelah tanam. Dan waktu pemanenan usahakan dilakukan sore hari saja.
  • Pohon anggur yang telah ditanam dihalaman rumah juga memerlukan perawatan lainnya seperti pemangkasan . pemangksan ranting dan cabang pohon anggur yang berserakan akan mempengaruhi pertumbuhan buah anggur. Karena ranting tanaman anggur yang telah ditebang akan menghasilkan tunas baru dan bunga anggur pun akan bermunculan. Bunga yang bermunculan inilah yang akan menjadi buah anggur yang segar dan lezat. Oleh sebab itu Anda harus rajin untuk memangkas ranting dan batang yang tidak beraturan.

Demikianlah cara menanam buah anggur di halaman rumah. Anda dapat melakukannya sendiri di rumah. Jangan lupa untuk selalu baca artikel berkebun lainnya hanya di sini. Selamat menanam anggur dan semoga dapat bermanfaat.

Cara Menanam Buah Anggur di Halaman Rumah | rafa | 4.5