berkebun
Sedang memuat....Cara Menanam Durian Agar Cepat Berbuah....

Cara Menanam Durian Agar Cepat Berbuah

Cara Menanam Durian Agar Cepat Berbuah – Siapa yang tak mengenal buah durian? Rasanya yang khas dan lezat membuat buah ini memiliki banyak penggemar. Karena itulah tak mengherankan jika banyak pembudidaya yang mencari cara menanam durian agar cepat berbuah.  Buah ini dapat tumbuh pada ketinggian di bawah 800 meter di atas permukaan laut dengan pH sekitar 5-7. Berikut ini adalah cara menanam durian agar cepat berbuah.

Cara Menanam Durian Agar Cepat Berbuah

  • Tahap pertama adalah pembibitan biji durian, bibit durian yang baik bisa dilihat dari biji yang masih utuh dan berasal dari indukan yang sehat dan tidak berpenyakit.
  • Bersihkan bibit durian dari sisa-sisa daging durian yang masih menempel kemudian angin-anginkan. Setelah dibersihkan tahap berikunta adalah persemaian bibit durian yang dilakukan selama 2 minggu . persemaian bibit durian ini harus dilakukan di tempat yang kering.
  • Untuk media persemaian biji durian bisa menggunakan campuran tanah dan pasir dengan perbandingan 1:1. Tanam bii dengan posisi miring sehingga calon akar bisa langsung menuju tanah. Jangan lupa untuk melakukan penyiraman satu kali sehari.
  • Tutup bagian atas agar terlindung dari sinar matahari langsung. Biasanya biji akan mulai tumbuh ketika telah berumur 3 minggu setelah persemaian. Benih ini dapat ditanam ketika telah memiliki daun sekitar 3-5 helai.
  • Setelah tumbuh daun, maka benih durian dapat ditanam. Media tanam yang digunakan harus dibersihkan terlebih dahulu sebelum digunakan. Buat badengan sebagai saluran air ketika hujan datang, sehingga air hujan tidak menggenang.
  • Namun Anda juga dapat menyeprotkan Basamid sebagai upaya menghindarkan tanah dari jamur yang mungkin akan menyerang pohon durian pada masa pertumbuhannya.
  • Setelah membuat badengan, buatlah lubang untuk memindah benih durian dengan jarak sekitar 10-12 m. Masukkan benih durian yang telah disemai dan tutup kembali dengan jerami kering, tetap sirami tanaman durian dengan rutin setiap hari.
  • Buatlah aliran drainase untuk jalannya air. Pada benih yang baru ditanam Anda harus menyiram rutin sehari sekali. Sedangkan pada tanaman yang telah berumur lebih dari 1 bulan, Anda dapat menyiramnya hanya 2-3 kali dalam seminggu.
  • Tahap berikutnya adalah penjarangan yang dimaksudkan untuk memperoleh hasil buah durian dengan rasa yang lezat dan untuk mencegah agar pohon durian tidak mati karena jumlah bunga yang dibuahi sangat banyak.
  • Proses ini dilakukan dengan cara menyemprotkan Auxin A untuk mematikan bunga yang belum dibuahi, sementara bunga yang telah dibuahi akan tetap berkembang menjadi buah durian.
  • Pemangkasan juga diperlukan agar menghambat terjadinya pertumbuhan bibit vegetatif yang tidak diharapkan. Pemangkasan dapat dilakukan ketika masa awal pohon berbunga agar hasil panen durian semakin maksimal.
  • Lakukan penyiangan terhadap tanaman durian yang Anda tanam agar tanaman liar di sekitar pohon durian tidak mengganggu tumbuh kembang pohon durian. Berikan pula pupuk kompos, pupuk hijau atau pupuk buatan lainnya seperti pupuk NPK 200 gr untuk setiap pohonnya. Setelah 3 bulan masa penanaman durian lakukan pemupukan rutin dengan pupuk NPK ini setiap 4 bulan sekali.
  • Pohon durian juga sama dengan tanaman lainnya yang bisa terserang hama. Maka dari itu Anda dapat menggunakan Hostathion 40 EC sebagai pengendaliannya. Gunakan pestisida dan insektisida yang sesuai dengan fungsinya masing-masing untuk mengendalikannya.
  • Pohon durian biasanya baru akan berbunga pada usia 8 tahun. Anda juga pasti mengerti bahwa pohon durian tidaklah selalu tumbuh setiap saat, buah durian hanya akan berbuah ketika musim kemarau saja.
  • Buah durian yang matang menghasilkan bau yang menyengat dan akan terjadi perubahan pada warna kulitnya. Buah durian yang matang umumnya akan jatuh sendiri ke tanah, namun hal itu dapat membuat buah durian menjadi rusak dan nilai jualnya menjadi berkurang. Maka dari itu Anda bisa mengikat durian dengan tali dan plastik satu bulan sebelum durian matang.

Demikianlah cara menanam durian agar cepat berbuah. Anda dapat mempraktekkannya sendiri atau melakukannya untuk budidaya durian Anda agar dapat berbuah dengan cepat. Jangan lupa untuk membaca artikel berkebun lainnya hanya di sisi. Selamat menanam durian dan semoga dapat bermanfaat.

Cara Menanam Durian Agar Cepat Berbuah | rafa | 4.5