berkebun
Sedang memuat....Cara Menanam Kelengkeng di Depan Rumah....

Cara Menanam Kelengkeng di Depan Rumah

Cara Menanam Kelengkeng di Depan Rumah – Kelengkeng adalah jenis buah yang memiliki isi menyerupai rambutan dan kulitnya menyerupai kulit duku. Di Indonesia sendiri biuah ini memiliki banyak sekali jenisnya. Buah ini banyak dijual di pasaran dengan harga yang terjangkau dan dapat dibeli oleh berbagai kalangan.

Buah kelengkeng ini memiliki banyak penggemar karena rasanya yang khas dan manis. Pada perkembangannya kini pohon kelengkeng juga dapat ditanam di dalam pot. Sentra dan persebaran pertanian kelengkeng sudah banyak tersebar di penjuru Indonesia, Asia dan beberapa negara di Afrika, Eropa dan Amerik. Teknik dasar menanam tanaman kelengkeng berbeda-beda.

Budidaya kelengkeng di halaman rumah atau di depan rumah merupakan pilihan terbaik, karena pembudidayaan tanaman kelengkeng tidak terlalu mahal, dan teknik pembudidayaan praktis, efisien, murah dan dapat menjangkau semua kalangan masyarakat baik yang tinggal di kota atau desa.

Tanaman kelengkeng telah banyak dikembangkan baik secara generatif (biji) atau melalui cara vegetatif. Masing-masing teknik ini memiliki keelebihan sendiri-sendiri. Anda dapat menentukan teknik apa yang akan Anda gunakan untuk menanam tanaman kelengkeng di depan rumah.

Selain rasanya yang khas dan enak, buah kelengkeng ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut ini adalah manfaat buah klengkeng bagi kesehatan :

  • Anti depresan, buah kelengkeng memiliki kandungan vitamin sehingga dapat merelaksasi system syaraf dan mampu mengurangi potensi depresi.
  • Memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh jika dikonsumsi secara rutin.
  • Menangkal radikal bebas, sehingga dapat menghindari penyakit kanker.
  • Menjaga kekebalan tubuh karena kandungan vitamin C dalam buah kelengkeng.

Itulah manfaat buah kelengkeng bagi kesehatan. Jika Anda ingin menanam tanaman buah kelengkeng di depan rumah Anda, berikut ini adalah langkah-langkah menanam tanaman buah kelengkeng di depan rumah.

Cara Menanam Kelengkeng di Depan Rumah

  • Tahap pertama yang harus dilakukan sebelum mulai menanam kelengkeng adalah mempersiapkan bibit kelengkeng yang dapat diperoleh dengan cara menanam biji, mencangkok, sambung atau stek. Anda juga dapat membeli bibit di toko tanaman langganan Anda dan pilih jenis kelengkeng yang ingin Anda tanam.
  • Tahap selanjutnya adalah pengolahan lahan tanam kelengkeng yang dapat dilakukan dengan pencangkulan dan buat lubang tanam berbentuk persegi dengan ukuran panjang x lebar x tinggi 100 x 100 x 40 cm dengan jarak 2-3 meter atau Anda dapat emenyesuaikan kebutuhan lahan yang akan di gunakan.
  • Tambahkan pupuk kandang dari kotoran hewan ternak sebanyak 5-10 kg untuk masing-masing lubang tanam kedalam lubang tanam yang telah digali. Tunggu beberapa hari hingga lahan tanam dapat ditanami bibit kelengkeng.
  • Perawatan pohon kelengkeng sendiri tidak membutuhkan perawatan yang rumit, perawatan yang dilakukan adalah membersihkan rumput atau semak yang tumbuh di dekatnya dan lakukan pemupukan kembali setelah kelengkeng berumur 30 hari setelah tanam dan akan lebih baik pemupukan dilakukan dengan pupuk kandang. Selain itu Anda juga dapat menggunakan pupuk anorganik jenis NPK yang diberikan selama 1 tahun pertama.
  • Penyiraman pohon kelengkeng dapat dilakukan 2 kali sehari saat pagi dan sore hari dalam masa pertumbuhannya.
  • Selain pemberian pupuk pada tanaman kelengkeng, pemangkasan juga diperlukan agar pohon kelengkeng terlalu tinggi. pemangkasan dapat dilakukan pada bulan ke-6, ke-9, ke-12 dan selanjutnya pemangkasan disesuaikan dengan kondisi pohon. Semakin banyak cabang maka tempat buah keluar juga semakin banyak.
  • Kegiatan panen buah kelengkeng sebaiknya dilakukan secara betahap sesuai dengan tingkat kematangan buahnya karena dalam satu pohon tidak matang secara bersamaan. Pemanenan buah kelengkeng yang telah matang dilakukan dengan sesuai kebutuhan.
  • Pada pemanenan awal, biasanya buah hasil cangkokan kelengkeng tidak terlalu banyak, kisaran 20-50 buah pertanaman, namun pada masa panen berikutnya akan terus bertambah bahkan menjadi dua kali lipatnya, dan seterusnya. Panen awal buah kelengkeng umumnya terjadi pada saat tanaman berumur 1 tahun dengan buah yang lumayan banyak.
  • Cara pemanenan buah kelengkeng yaitu dengan memetik buah kelengkeng yang sudah matang di pohonnya langsung dan kemudian buah yang telah dipanen dibersihkan menggunakan air bersih dan keringkan.

Demikianlah tahap-tahap menanam kelengkeng di depan rumah. Anda dapat melakukannya sendiri di rumah. Jangan lupa untuk selalu membaca artikel berkebun lainnya hanya di sini. Selamat berkebun dan semoga dapat bermanfaat.

Cara Menanam Kelengkeng di Depan Rumah | rafa | 4.5