berkebun
Sedang memuat....Cara Menanam Semangka dalam Polybag Halaman Rumah....

Cara Menanam Semangka dalam Polybag Halaman Rumah

Cara Menanam Semangka dalam Polybag Halaman Rumah – Ingin menanam buah semangka namun tak memiliki lahan tanam yang luas bukan berarti tak bisa berkebun. Anda dapat memanfaatkan sedikit lahan dari halaman rumah Anda untuk menanam buah semangka. Anda dapat menggunakan media polybag untuk menanam buah semangka di halaman rumah Anda.

Semangka, buah yang merupakan jenis buah yang masih kerbat dengan labu-abuan ini memiliki rasa yang manis dan segar ketika dinikmati, apalagi jika dinikmati ketika cuaca sedang terik.

Sebelum mengetahui cara menanam semangka agar hasil dari buahnya besar  dan berkualitas ada baiknya kita mengenal  manfaat buah semangka bagi kesehatan jika dikonsumsi secara rutin, diantaranya:

  • Menjaga kelembaban kulit, dengan kadar air yang banyak dalam buah semangka akan selalu menjaga kulit tubuh senantiasa lembab. Selain itu buah semangka juga dapat mencegah terjadinya dehidrasi pada tubuh.
  • Menjaga kesehatan ginjal, kalium yang terdapat dalam buah semangka dapat membersihkan racun-racun sehingga membantu kinerja ginjal.
  • Mengurangi resiko terkena Stroke, mengurangi resiko terkena stroke dengan buah semangka kini mulai banyak dilakukan oleh sebagian orang. Kandungan karetenoid yang mencegah pengerasan dinding pembuluh arteri maupun vena yang menyebabkan hipertensi.
  • Kandungan kalium pada buah semangka juga berperan untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Ada beberapa alat dan bahan untuk menanam buah semangka di dalam polybag yaitu,  bibit semangka, tanah berhumus, pupuk kompos, pupuk kandang, tampah, gunting, sekop, polybag, tongkat penyangga (bisa memkai bambu) dan tentunya air.

Cara Menanam Semangka dalam Polybag Halaman Rumah

  • Tahap pertama untuk menanam tanaman semangka adalah dengan memilih bakal bibit yang baik. Bisanya akan menggunakan biji dari semangka itu sendiri.
  • Untuk memilih bibit semangka dengan kualitas yang baik, maka pilihlah biji semangka yang berasal dari buah yang tua dan benar-benar matang. Hal ini juga berlaku pada penanaman jenis buah-buah lainnya yang menggunakan bibit dari biji buahnya. Selanjutnya adalah perhatikan indukan, pilihlah yang memiliki ukuran besar dan kondisinya sehat.
  • Biji semangka yang sudah dipisahkan dari buah, kumpulkan pada tampah atau wadah yang lainnya untuk diangin-anginkan. Penggunaan tampah pada proses ini dianjurkan karena kandungan air pada biji semangka akan lebih cepat berkurang.
  • Tahap selanjutnya adalah pemilihan polybag , kelembaban pada media tanam sangat penting karena akan membantu dalam perkembangan buah yang dihaslikan. Pilihlah polybag dengan ukuran yang kira-kira cukup unutk menampung tanaman semangka, dan beri lubang pada bagian dasar polybag.
  • Media tanam untuk menanam tanaman semangka membutuhkan media tanam yang subur dan gembur. Untuk memenuhi itu Anda dapat menggunakan tanah dari kebun dan mencampurkan dengan pupuk kompos. Masukkan kedalam polybag sedikit demi sedikit kemuadian diamkan selama seminggu agar kondisi tanah kembali normal.
  • Tahap berikutnya adalah penyemaian bibit semangka pada polybag proses ini dilakukan pada wadah yang terpisah. Untuk meminimalisir dan agar lebih efektif, sebaiknya biji semangka langsung disemai pada polybag.
  • Caranya dengan buat lubang tanam kira-kira sedalam 6 cm sebanyak 3-5 buah lubang. Kemudian masukkan biji semangka pada lubang yang telah dibuat tersebut satu biji per satu lubang, dan tutup kembali menggunakan media tanam.
  • Pada proses ini bibit tidak perlu disiram dan tunggu hingga bibit tumbuh mencapai 10 cm.
  • Setelah bibit telah mencapai tinggi 10 cm dan telah tumbuh tunas (biasanya berusia 2-3 minggu setelah penyemaian) bibit tersebut sudah dapat ditanam , karena akar yag dimiliki sudah cukup kuat.
  • Bibit yang telah disemai dalam polybag tadi sudah siap dipindahkan ke lahan tanam yang lebih luas (halaman rumah Anda). Usahakan tempat untuk menanam bibit semangka tadi dapat cahaya matahari secara langsung.
  • Letakkan tongkat penyangga pada setiap polybag dengan dengan ukuran yang disesuaikan masing-masing. Untuk mendapatkan hasil panen buah semangka yang berkualitas maka lakukan penyiraman secara rutin dua kali sehari, saat pagi dan sore hari, terutama pada saat musim kemarau. Saat musim penghujan kurangi intensitas penyiraman menjadi dua hari sekali.
  • Pemanenan buah semangka biasanya dilakukan saat umurnya berusia 4 bulan. Ciri-ciri semangka siap di panen adalah dengan mengetuk buah semangka. Jika suara sedikit mengaung atau kabur maka buah semangka sudah siap di panen. Lebih baik jangan memanen buah semangka sebelum waktunya, karena rasanya tidak akan manis. Lebih baik untuk memanen semangka menggunakan alat gunting panen ataupun pisau.

Nah, itulah Cara Menanam Semangka dalam Polybag Halaman Rumah, mudah bukan? Anda dapat mengaplikasian cara-cara ini untuk menanam tanaman semangka di halaman rumah Anda.  Jangan lupa untuk baca artikel-artikel berkebun lainnya hanya di sini. Selamat berkebun dan semoga bermanfaat.

Cara Menanam Semangka dalam Polybag Halaman Rumah | rafa | 4.5